top of page

Samudra Retail Indonesia
Onboarding with Lark

April 11, 2025

20250411-133016.png

PT Samudera Retail Indonesia, perusahaan e-commerce yang bergerak di bidang Health & Wellness, resmi mengimplementasikan Lark sebagai platform utama dalam mendukung operasional dan kolaborasi tim secara digital.

​

Sebagai perusahaan yang telah beroperasi sejak tahun 2013, Samudera Retail Indonesia memiliki cakupan bisnis yang luas mulai dari e-commerce, distributor, retail apotik, live streaming, hingga content production, dengan produk utama seperti obat, vitamin, alat kesehatan, dan kecantikan. Perusahaan ini juga menjadi partner resmi untuk berbagai kanal besar seperti TikTok Shop, Halodoc, Shopee Mall, Tokopedia, Grab Health, dan Gojek.

​

Transformasi digital ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk menyatukan sistem dari berbagai platform dalam satu superapp, demi meningkatkan efisiensi kerja dan kolaborasi tim yang tersebar di berbagai lini bisnis.

​

Dipimpin oleh Roy Rusli selaku CEO, Samudera Retail Indonesia memilih Lark karena platform ini telah terintegrasi langsung dengan TikTok, salah satu channel distribusi terbesar mereka.

20250411-133042.png

Salah satu contoh integrasi ini adalah kemampuan untuk melacak metrik akun TikTok secara real-time. Dengan menyinkronkan Lark dengan akun TikTok, Samudera Retail Indonesia dapat memantau performa media sosial seperti jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, dan data lainnya semua disajikan dalam satu dashboard di Lark, memudahkan pengambilan keputusan yang berbasis data.

 

Fitur Lark yang Digunakan oleh Samudera Retail Indonesia:

  • Lark Base Untuk menyimpan dan mengelola data pelanggan secara otomatis dari TikTok Shop, serta digunakan untuk pengelolaan template konten marketing, penjualan hingga operasional yang telah tersinkronisasi.

  • Automation & Chat to Task Automasi dari chat ke task secara langsung digunakan untuk memastikan semua pekerjaan tercatat dan ditindaklanjuti, termasuk fitur automasi screenshot ke task.

  • Approval & Attendance Samudera Retail Indonesia sedang melakukan migrasi dari sistem sebelumnya ke Lark untuk kebutuhan approval dan absensi secara digital dalam satu aplikasi.

  • OKR Management Samudera Retail Indonesia menggunakan fitur Lark OKR untuk pengelolaan target dan performa masing-masing individu dan divisi.

 

Langkah strategis ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak Virtuenet by Prasetia, selaku mitra resmi Lark di Indonesia. Menanggapi proses onboarding ini, Shah Reza Effendi, selaku General Manager of Sales, memberikan pandangannya mengenai potensi integrasi sistem yang dimiliki Lark dan dampaknya terhadap operasional Samudera Retail Indonesia, “Dengan Samudera Retail Indonesia yang bergerak di bidang e-commerce dan mengelola banyak channel sekaligus, kami berharap Lark dapat membantu proses sentralisasi sistem operasional mereka, mulai dari TikTok Shop hingga platform kesehatan dan e-commerce lainnya. Lark memungkinkan semua sistem ini dikelola melalui satu platform terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.”

20250411-133028.png

Dengan mengadopsi Lark sebagai pusat kolaborasi dan manajemen kerja, PT Samudera Retail Indonesia menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan transformasi digital yang nyata. Virtuenet by Prasetia akan terus mendampingi proses ini agar integrasi dan penggunaan platform Lark berjalan optimal, sejalan dengan visi pertumbuhan berkelanjutan yang diusung oleh Samudera Retail Indonesia.

Virtuenet IG Background Blog.jpg
Virtuenet by Prasetia logo

Graha Aruna, Jalan Antara No. 47
Kel. Pasar Baru, Sawah Besar
Jakarta Pusat 10710

whatsapp number
virtuenet instagram
virtuenet linkedin
virtuenet youtube

@2024 Virtuenet by Prasetia

bottom of page